Search Engine Optimization (SEO)
Data yang tersedia di internet sangat
banyak dan beragam. hal yang dilakukan dalam mencari data yang diinginkan yakni
dengan menuliskan kata yang sesuai dengan pencarian di mesin pencari internet.
Mesin ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Para pemasar dapat
memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan teknik optimasi
SEO, salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung dari web pemasar
yang telah disediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization (SEO),
simaklah materi berikut!
A.Pengertian SEO
Dalam kegiatan pemasaran online, SEO
memiliki peran yang penting. Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis maupun
online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usha pengembangan bisnis.
Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi SEO.
1. Pengertian SEO menurut
para ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang
saat ini, baik pengusaha skala kecil ataupun besar masing masing berlomba untuk
menunjukkan eksistensinya melalui web yang jauh lebih besar. Oleh karena itu,
kehadiran search engine merupakan salah satu solusi agar website
para pengusaha tersebut dapat ditemukan dengan mudah. Lalu, apa itu SEO? Adapun
pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahli, sebagai berikut.
a. Neil Patel
SEO adalah
sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut
untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search
engine.
b. Danny Sullivan
SEO adalah
seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan
bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang
disediakan.
c. Rand Fishkin
SEO adalah
kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi
informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiens,
desain,pengembangan situs,penelitian keyword,penempatan keyword,link
building,social media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun
offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search
engine.
Adapun yang
dimaksud dengan search engine optimization, yang bisa disingkat SEO adalah
suatu usaha yang dilakukan oleh sebuah blog yng bertujuan untuk meningkatkan
jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencarian menuju website atau blog
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin pencari
tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Selai itu, dalam mesin
pencarian juga terdapat SERP(Search Rngine Result Page). Search Engine Result
Page (SERP), yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine
sebagai respons terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2. Teknik SEO
Dalam SEO terdapat
dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi. Di mana kedua jenis
teknik SEO, sebagai berikut:
a. Teknik white hat SEO
Teknik white
hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang
webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak
melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
b. Teknik blcak hat SEO
Teknik black
hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang
webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang
melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
B. Jenis Optimasi SEO
Search Engine
Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil
pencarian search engine. Apa yang dioptimalkan? Website dan visibilitasnya di
dunia internet.
Meski SEO merujuk
pada frase search engine optimization, namun sebenarnya yang disesuaikan dan
dioptimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan
kemampuan dan setting algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapat
dua jenis optimasi. Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page dan
optimasi SEO off page. Meskipun jenis optimasi berbeda, namun tujuannya tetap
sama. Tujuan yang dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off
page, yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil
pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword
(kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak
pada cara optimasi SEO.
Berikut penjelasan mengenai masing masing optimasi SEO
1.Optimasi SEO on page
Tahukah Anda apa
itu optimasi SEO on page? Optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin
pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari dalam blog itu
sendiri. Adapun jenis optimasi SEO on page , sebagai berikut.
a. Optimasi SEO on page pada URL
Terkadang
banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Di mana URL yang baik
itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b. Optimasi SEO on page pada domain
Untuk domain,
jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan
tanda pemisah seperti “-“. Misal kata
kunci yang ingin dioptimasi adalah “tutorial bisnis online” maka akan lebih
baik membuat domainhttp://tutorialbisnisonline.com daripada http://tutorial-toko-online.com
c. Optimasi SEO on page pada judul halaman
(title page)
Judul halaman
sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan, karena
bagaimanapun judul haluman haruslah berisi kata terpenting pada halaman
tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik dynamic heading,
dimana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan
judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di
dalam teknik on page halaman web.
d. Optimasi
SEO on page dengan meta description.
Meta
description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing
–masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memerhatikan
beberapa hal,yaitu :
1) Panjangnya maksimal 150 karakter.
2) Tidak mengulang satu kata lebih dari dua
kali.
3) Mengandung kata kunci tertarget di
bagian-bagian awal.
e. Optimasi
SEO on page pada title tag
Bagian ini
berada pada <head>, dan kodenya adalah:<title>Isi dari title
tag</title>. Di mana yang terpenting adalah apa saja yang bisa Anda
isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan
menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang
perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka pointnya akan sangat
tinggi. Jadi sebaiknya format dai isi
title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL_NAMA BLOG.
f. Optimasi SEO on page pada gambar.
Berhubung
Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar, maka cara terbaik
memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk
salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah
memberikan informasi yang paling releven kepada pembacanya, dan terkadang informasi
itu dapat berupa gambar.
g. Optimasi SEO on page pada artikel atau
berita
Dalam
optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keyword density
(kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah
penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga tetap enak
dibaca pengunjung.
2. Optomasi SEO off page
Jika optimasi SEO
on page dilakukan dari dalam blog, maka optimsi SEO off page dilakukan dari
luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar
halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engineberdasarkan target
keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari
backlink,entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau
web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page, yaitu :
a. Backlink dari website atau blog lain.
b. Submit site map ke webmaster tools. Google
webmaster tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para webmaster
(pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog bisa terpantau
maksimal dari Google, dan di sisi lain memberi laporan yang mendetail tentang
blog kepada pemilik.
c. Posting artikel atau berita ke berbagai situs atau forum
sosial bookmarking.
d. Blog walking
e. Ping blog. Ping adalah cara yang dilakukan
oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Sinyal
XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa
situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru.”Dari berbagai sumber”,
contoh:http://pingomatic.com/
Seperti yang
anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Di mana
backlink adalah link dari blog atau website lain ke blog atau website Anda. Sebuah
blaclink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang
merekomendasikan, maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search
engine. Adapun untuk memilih blacklin perlu diperhatikan beberapa hal. Selain
itu untuk membuat blacklink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat
digunakan.
Berikut
hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih blacklink dan metode untuk
membuatnya.
a. Hal-hal yang perli diperhatikan dalam
memilih blacklink
Adapun
hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih blacklink, sebagai berikut.
1) Dalam memilih website yang nantinya akan
diletakkan blaclink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik
dari web yang dimiliki, karena jika lebih rendah justru akan memberi pengaruh
buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2) Carilah website yang dapat
merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link perusahaan. Sehingga
web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara instan.
3) Dalam membuat blacklink juga harus
memperhatikan aturan SERP, agar tidak dianggap melakukan spamming. Karena
melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SSEO dan tidak disukai oleh Google.
Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google dan hilang dari indeks
pencarian.
4) Buatlah blacklink secukupnya dan hindari
menaruh blacklink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpang SARA.
b. Metode membuat blacklink di blog atau
website
Metode yang
dapat digunakan untuk membuat blacklink
pada blog atau website sebenarnya banyak.
Di mana
metode tersebut, diantaranya :
1) Blog walking
Blog walking
adalah sebuah metode membuat blaclink dengan cara mengunjungi blog yang
mempunyai trafik tinggi dan berkomentar di postingan dengan m,enaruh URL blog
atau web perusahaan di sana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering
digunakan oleh para blogger.
Komentar
Posting Komentar