Search Engine Optimization (SEO)

Data yang tersedia di internet sangat banyak dan beragam. hal yang dilakukan dalam mencari data yang diinginkan yakni dengan menuliskan kata yang sesuai dengan pencarian di mesin pencari internet. Mesin ini disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Para pemasar dapat memaksimalkan mesin pencari ini dengan beberapa strategi dan teknik optimasi SEO, salah satunya dengan memperbanyak artikel dan pengunjung dari web pemasar yang telah disediakan. Untuk memahami tentang Search Engine Optimization (SEO), simaklah materi berikut!

A.Pengertian SEO
Dalam kegiatan pemasaran online, SEO memiliki peran yang penting. Hal ini dikarenakan SEO dalam dunia bisnis maupun online mampu memberikan pengaruh yang signifikan pada usha pengembangan bisnis. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian SEO dan jenis optimasi SEO.
1. Pengertian SEO menurut para ahli
Di dunia bisnis yang semakin berkembang saat ini, baik pengusaha skala kecil ataupun besar masing masing berlomba untuk menunjukkan eksistensinya melalui web yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, kehadiran search engine merupakan salah satu solusi  agar website para pengusaha tersebut dapat ditemukan dengan mudah. Lalu, apa itu SEO? Adapun pengertian yang terkait dengan SEO menurut beberapa ahli, sebagai berikut.
a.      Neil Patel
SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah website memiliki peringkat lebih tinggi di dalam search engine.
b.     Danny Sullivan
SEO adalah seseorang yang mengerti bagaimana orang mencari sebuah informasi dan memastikan bahwa mereka atau klien mereka cukup terlihat di area pencarian gratis yang disediakan.
c.      Rand Fishkin
SEO adalah kombinasi dari taktik dan strategi yang mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada konten, penargetan audiens, desain,pengembangan situs,penelitian keyword,penempatan keyword,link building,social media marketing dan segala macam elemen marketing online maupun offline yang mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak trafik dari search engine.
Adapun yang dimaksud dengan search engine optimization, yang bisa disingkat SEO adalah suatu usaha yang dilakukan oleh sebuah blog yng bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik kunjungan melalui mesin pencarian menuju website atau blog tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau alogaritma mesin pencari tersebut yang biasa dikenal dengan istilah optimasi SEO. Selai itu, dalam mesin pencarian juga terdapat SERP(Search Rngine Result Page). Search Engine Result Page (SERP), yaitu daftar halaman web yang ditampilkan oleh search engine sebagai respons terhadap kata yang diketik pada mesin pencari.
2. Teknik SEO
          Dalam SEO terdapat dua teknik yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi. Di mana kedua jenis teknik SEO, sebagai berikut:
a.      Teknik white hat SEO
Teknik white hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.
b.     Teknik blcak hat SEO
Teknik black hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh search engine.

B. Jenis Optimasi SEO
          Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya untuk meraih peringkat utama di hasil pencarian search engine. Apa yang dioptimalkan? Website dan visibilitasnya di dunia internet.
          Meski SEO merujuk pada frase search engine optimization, namun sebenarnya yang disesuaikan dan dioptimalkan adalah websitenya, agar isi dan struktur web sesuai dengan kemampuan dan setting algoritma search engine. Di mana dalam SEO ini terdapat dua jenis optimasi. Kedua optimasi tersebut adalah optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Meskipun jenis optimasi berbeda, namun tujuannya tetap sama. Tujuan yang dilakukannya optimasi SEO on page maupun optimasi SEO off page, yaitu menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak pada cara optimasi SEO.
Berikut penjelasan mengenai masing masing optimasi SEO
1.Optimasi SEO on page
          Tahukah Anda apa itu optimasi SEO on page? Optimasi SEO on page adalah sebuah optimasi mesin pencari yang dilakukan pada blog atau website yang dimaksud dari dalam blog itu sendiri. Adapun jenis optimasi SEO on page , sebagai berikut.
a.      Optimasi SEO on page pada URL
Terkadang banyak orang yang kurang memahami tentang URL yang baik. Di mana URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel.
b.     Optimasi SEO on page pada domain
Untuk domain, jika memang digunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda  pemisah seperti “-“. Misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah “tutorial bisnis online” maka akan lebih baik membuat domainhttp://tutorialbisnisonline.com daripada http://tutorial-toko-online.com
c.      Optimasi SEO on page pada judul halaman (title page)
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang ditargetkan, karena bagaimanapun judul haluman haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik dynamic heading, dimana para pembuat blog atau web berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. Poin dari judul halaman sangat besar di dalam teknik on page halaman  web.
d.     Optimasi  SEO on page dengan meta description.
Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing –masing artikel memiliki topik sendiri. Meta description ini harus memerhatikan beberapa hal,yaitu :
1)     Panjangnya maksimal 150 karakter.
2)     Tidak mengulang satu kata lebih dari dua kali.
3)     Mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
e.      Optimasi  SEO on page pada title tag
Bagian ini berada pada <head>, dan kodenya adalah:<title>Isi dari title tag</title>. Di mana yang terpenting adalah apa saja yang bisa Anda isikan pada title tag ini. Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Adapun yang perlu diketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka pointnya akan sangat tinggi. Jadi sebaiknya format  dai isi title tag adalah JUDUL ARTIKEL saja, atau JUDUL ARTIKEL_NAMA BLOG.
f.       Optimasi SEO on page pada gambar.
Berhubung Google dan yang lainnya belum dapat mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik on page, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling releven kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar.
g.     Optimasi SEO on page pada artikel atau berita
Dalam optimasi SEO on page pada artikel atau berita usahakan keyword density (kepadatan kata kunci) tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.

2. Optomasi SEO off page
          Jika optimasi SEO on page dilakukan dari dalam blog, maka optimsi SEO off page dilakukan dari luar blog itu. Jadi, SEO off page merupakan hal-hal yang dilakukan diluar halaman web pages demi meningkatkan kinerja di search engineberdasarkan target keyword yang memiliki hubungan dengan konten. Misalnya dengan mencari backlink,entah lewat bertukar link, banner, ataupun berkomentar di blog atau web orang lain.
Beberapa contoh SEO off page, yaitu :
a.      Backlink dari website atau blog lain.
b.     Submit site map ke webmaster tools. Google webmaster tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para webmaster (pemilik website). Alat ini membantu agar website atau blog bisa terpantau maksimal dari Google, dan di sisi lain memberi laporan yang mendetail tentang blog kepada pemilik.
c.      Posting artikel  atau berita ke berbagai situs atau forum sosial bookmarking.
d.     Blog walking
e.      Ping blog. Ping adalah cara yang dilakukan oleh blogger untuk memberitahukan update konten kepada search engine. Sinyal XML-RPC akan dikirim ke satu atau lebih server ping yang memberitahukan bahwa situs atau blog tertentu memiliki konten yang baru.”Dari berbagai sumber”, contoh:http://pingomatic.com/
Seperti yang anda ketahui, bahwa salah satu contoh SEO off page adalah backlink. Di mana backlink adalah link dari blog atau website lain ke blog atau website Anda. Sebuah blaclink diibaratkan adalah sebuah rekomendasi, semakin banyak yang merekomendasikan, maka blog anda akan lebih mendapatkan perhatian dari search engine. Adapun untuk memilih blacklin perlu diperhatikan beberapa hal. Selain itu untuk membuat blacklink juga terdapat banyak metode atau cara yang dapat digunakan.
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih blacklink dan metode untuk membuatnya.
a.      Hal-hal yang perli diperhatikan dalam memilih blacklink
Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih blacklink, sebagai berikut.
1)     Dalam memilih website yang nantinya akan diletakkan blaclink perlu mempertimbangkan trafik dan pagerank yang lebih baik dari web yang dimiliki, karena jika lebih rendah justru akan memberi pengaruh buruk pada web yang berujung pada SERP yang tidak baik.
2)     Carilah website yang dapat merekomendasikan pengunjungnya untuk mengarahkan ke link perusahaan. Sehingga web perusahaan akan dibanjiri oleh pengunjung secara instan.
3)     Dalam membuat blacklink juga harus memperhatikan aturan SERP, agar tidak dianggap melakukan spamming. Karena melakukan spamming tidak dianjurkan dalam SSEO dan tidak disukai oleh Google. Bisa jadi web perusahaan malah di kick oleh Google dan hilang dari indeks pencarian.
4)     Buatlah blacklink secukupnya dan hindari menaruh blacklink di situs yang mengandung pornografi dan menyimpang SARA.
b.     Metode membuat blacklink di blog atau website
Metode yang dapat digunakan  untuk membuat blacklink pada blog atau website sebenarnya banyak.
Di mana metode tersebut, diantaranya :
1)     Blog walking
Blog walking adalah sebuah metode membuat blaclink dengan cara mengunjungi blog yang mempunyai trafik tinggi dan berkomentar di postingan dengan m,enaruh URL blog atau web perusahaan di sana. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh para blogger.




Komentar